UU Jahiliyah
@siskaibnataz

Viral RUU KUHP yang kontroversial, jadi ingat ketika dulu zaman Rasulullah Saw ada seorang yang bernama Musailamah membuat surat untuk menandingi ayat-ayat Al Quran. Hingga sejarah menyebutnya sebagai Musailamah Al Kadzab, Musailamah si Pembohong.

RUU kontroversial ini bukan hanya ditolak, tapi malah diledek rakyatnya sendiri. Dari mulai cuitan singkat sampe meme-meme kocak yang bikin ngakak. Sebelum RUU ini digulirkan, telah melalui proses rapat, rapat dan rapat. Hasilnya ?  Ada yang komen "Ini yang bikin sekolah apa ga sie?". Padahal, yang membahas draft RUU ini para profesor dan doktor. Kontradiktif dan rancu sekali ketika akal manusia membuat aturan.

Lebih dari 1400 tahun lalu Allah telah menantang manusia untuk membuat satu surat saja yang semisal dengan Al Quran.
"Dan jika kamu meragukan (Al-Qur'an) yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad), maka buatlah satu surah semisal dengannya dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar."
(TQS. Al Baqarah : 23)

Terbukti sepanjang sejarah sejak Al Quran diturunkan, manusia tak pernah bisa menyamainya. Bahkan sampai kiamat nanti takakan ada yang bisa.

Ayat berikutnya Allah berfirman,
"Jika kamu tidak mampu membuatnya, dan (pasti) tidak akan mampu, maka takutlah kamu akan api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir."
(TQS. Al Baqarah : 24)

Untuk menyamai bahasa Al Quran saja tak ada yang mampu. Apalagi bila manusia ingin membuat aturan kehidupan. Tapi manusia abad ini merasa mampu membuatnya. Akhirnya terbukti gagal total.

Dengan gaya bahasa sangat halus, Allah telah mengingatkan.
"Apakah hukum Jahiliah yang mereka kehendaki? (Hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang meyakini (agamanya)?"
(TQS. Al Maidah : 50)

Hukum jahiliyah adalah hukum yang berlaku di masyarakat sebelum risalah Islam diturunkan. Di abad ini, setelah risalah Islam yang sempurna diturunkan, umat Islam hanya mengambil sebagiannya. Mengambil tatacara ibadah dan sifat-sifat moral saja. Sementara hukum-hukum aturan untuk mengatur kehidupan kembali lagi seperti masa jahiliyah.

Bila ada yang bertanya mengapa dimana-mana terjadi banyak kehancuran, kebrutalan dan bencana? Karena manusia tak mengambil dan melaksanakan aturanNya secara kaffah.


Wallahu a'lamu

Kota Hujan, 280919.

Komentar

Postingan Populer